Skip to content

Webinar Lingkungan dan Keberlanjutan

webinar lingkungan dan keberlanjutan

Dalam 2 tahun belakangan ini, webinar mengenai lingkungan marak dilakukan. Aku mengikuti sebagian dari webinar tersebut dan sangat membantu baik mengenal permasalahan lingkungan maupun trend bisnis yang berhubungan dengan lingkungan. Bisnis yang memperhatikan lingkungan dikenal sebagai green business atau green economy.

Secara singkat, Green economy mengacu pada sebuah pendekatan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan perlindungan lingkungan dan pengurangan dampak negatif terhadap ekosistem alam. Konsep ini menekankan pada penggunaan sumber daya alam secara efisien, peningkatan efisiensi energi, pengembangan teknologi yang ramah lingkungan, dan promosi inovasi dalam produksi dan konsumsi.

Dalam green economy, kegiatan ekonomi direncanakan dan dilakukan dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan serta keberlanjutan jangka panjangnya. Pendekatan ini mencakup berbagai sektor ekonomi, seperti energi, pertanian, industri, transportasi, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk memperbaiki keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan, sehingga dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Berkelanjutan, Mengapa Penting?

Mengacu pada bagian tulisan di atas, muara dari green economy adalah terciptaknya ekonomi yang tumbuh secara berkelanjutan, jangka panjang, dan lestari. Dan ternyata, isu keberlanjutan telah menjadi kewajiban bagi industri untuk menjalankan proses industrinya, dan syukur-syukur, memiliki visi dan misi selaras dengan green economy.

Beberapa alasan penting mengapa keberlanjutan itu penting, sebagai berikut:

1. Tuntutan Konsumen

Semakin banyak konsumen yang memperhatikan dampak lingkungan dari produk dan layanan yang mereka beli. Konsumen lebih cenderung memilih produk yang dihasilkan secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan, sehingga industri yang mengadopsi praktik berkelanjutan memiliki keunggulan kompetitif.

2. Regulasi dan Kepatuhan

Pemerintah dan lembaga internasional semakin mengatur industri untuk membatasi dampak negatif terhadap lingkungan. Kepatuhan terhadap regulasi lingkungan menjadi suatu keharusan, dan industri yang tidak memperhatikan keberlanjutan dapat menghadapi sanksi hukum dan denda yang signifikan.

3. Efisiensi Sumber Daya

Praktik berkelanjutan memungkinkan industri untuk menggunakan sumber daya secara lebih efisien, baik itu dalam hal energi, bahan baku, atau air. Hal ini dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan profitabilitas jangka panjang.

4. Resiko Reputasi

Industri yang dianggap tidak berkelanjutan atau merusak lingkungan dapat menghadapi resiko reputasi yang besar. Skandal lingkungan dapat merusak citra perusahaan, mengurangi kepercayaan konsumen, dan mengganggu hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya, seperti investor dan mitra bisnis.

5. Akses ke Pasar Internasional

Dalam perekonomian global yang semakin terhubung, banyak pasar internasional menuntut standar keberlanjutan tertentu untuk produk yang diimpor. Industri yang tidak memenuhi standar ini dapat menghadapi hambatan perdagangan dan sulit bersaing di pasar global.

Betapa pentingnya keberlanjutan tersebut, maka pantas saja webinar dengan tema lingkungan dan keberlanjutan semarak dan diminat.

Webinar Apa Saja Yang Menarik?

EcoEdu adalah lembaga pelatihan yang didirikan oleh beberapa dosen ITB dan rutin mengadakan webinar secara gratis tiap kamis jam 10.00 – 12.00 WIB. Webinar ini diisi oleh dosen ITB atau praktisi yang berkaitan dengan tema webinar yang diusung. Aku sendiri merasa beruntung dan berterima kasih kepada pihak EcoEdu karena selain dapat sertifikat gratis 😀 , materi webinar sangatlah berbobot. Tidak jarang dalam webinar disajikan hitung-hitungan yang sangat teknis, namun bisa disajikan dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Bagi aku mengikuti webinar di EcoEdu layaknya masuk almamater dan mendapatkan kuliah setiap kamis.

Acara webinar EcoEdu dengan tema energi terbarukan. Webinar EcoEdu ini selalu dihadiri peserta dalam jumlah ratusan orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!