Jalan Samurai Menjadi The Ultimate Winner of Universe Bersama Asus ROG Phone 3 Berprosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G

Cover ROG Phone 3 Snapdragon

Sword and mind must be united. Technique by itself is insufficient, and spirit alone is not enough”Yamada Jirokichi – Guru Seni Bela Diri Pedang Jepang

Bagi seorang samurai, pemain pedang dan pedangnya adalah satu kesatuan tak terpisahkan. Satu tubuh, satu jiwa. Seorang samurai akan mengalahkan musuh-musuhnya hanya dengan satu gerakan jurus saja. Wuusshhh…, tumbanglah sang lawan.

Bak seorang samurai, gamer sejati membutuhkan perangkat yang bisa menyatukan dirinya dengan perangkat tersebut. Dengan perangkat game yang mumpuni maka gamer akan bisa mengalahkan musuh dan melewati aral melintang tantangan dunia game. Semua musuh dilibas. Semua misteri dipecahkan. Semua tantangan dilampui. 🙂

Layaknya sebuah samurai yang dibuat dengan material pilihan termasuk teknologi pengolahan material tersebut, lalu bentuk pedang yang memenuhi kaidah estetika, gagang pedang yang nyaman dipegang, sarung pedang dengan berbagai hiasan yang indah, bahkan pamor yakni guratan material yang ada ditubuh pedang, demikian halnya dengan gadget gaming. Gadget ideal memenuhi bukan sekedar unsur fungsional, namun juga kenyamanan, ketangguhan, keindahan, bahkan prestise.

Ketika saya melihat Asus ROG Phone 2 yang digunakan Bunda, emak bloger terkeren, hal pertama yang membuat saya terkesan adalah desain bagiannya belakangnya. Lihatlah foto di bawah ini penampakan bagian belakang ROG Phone 2 (sebelah kiri) dan ROG Phone 3 (sebelah kanan).

Bagian belakang ASUS ROG Phone 2 dan ASUS ROG Phone 3

Lihatlah komposisi kamera dengan lampu flashnya, bentuk LOGO yang kemudian saya tahu sebagai simbol dari ROG (Republic of Gamers), dan guratan profil dengan lubangnya yang berfungsi sebagai pembuangan panas internal smartphone. Belum lagi materialnya yang kokoh dan mewah. Asus ROG Phone generasi kedua ini berbeda dengan smartphone kebanyakan.

Penamaan Republic of Gamers sendiri menyuarkan semangat  bahwa Asus menjadi leader dari pe-smartphone-an dalam bidang gaming dan membentuk rakyat gamer yang loyalis sekaligus militan, The Ultimate Winner. 😀

Dan sekarang ada sudah hadir kakak kandung Asus ROG Phone 2 yakni  Asus ROG Phone 3 yang diluncurkan pada 24 September lalu. Launching Asus ROG Phone 3  saya ikuti melalui channel di bawah ini.

“Mari sambut kedatangan smartphone gaming paling powerful di dunia. Dengan segudang peningkatan dari generasi sebelumnya. ROG Phone 3 dipastikan akan menjadi perangkat andalan para hardcore mobile gamer di Indonesia sebagai senjata utama dalam setiap pertempuran. Hanya ada dua jenis smartphone gaming di dunia, ROG Phone, dan smartphone lainnya”-Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia-

Dari acara launching di atas ada beberapa poin penting mengenai ASUS ROG Phone 3, yaitu:

  • ASUS ROG Phone 3 merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming. Berbagai fitur gaming premium yang dimilikinya dapat menghadirkan performa gaming terbaik pada tampilan HDR dan membuat smartphone ini menjadi dambaan setiap gamer casual ataupun professional.
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 865+ merupakan system on chip (SoC) tercepat saat ini. ASUS ROG Phone 3 yang pertama di Indonesia dengan membawa teknologi ini sehingga menjadi smartphone gaming paling Powerful di dunia. Dan sangat cocok untuk hardcore mobile gamer.
  • Tidak hanya prosesor super kencang, ROG Phone 3 juga punya layar AMOLED 6.59 inci dengan refresh rate 144Hz, touch latency 25ms yang sangat responsif saat disentuh, serta standar warna Delta E ⋖ 1 yang bisa menghasilkan warna paling akurat.
  • Baterai 6000mAh, sensor kamera flagship Sony IMX686 64MP dengan lensa sudut lebar dan kemampuan merekam video sampai 8K siap menghadirkan pengalaman terbaik dalam sebuah mobile phone.
  • Secara keseluruhan ASUS ROG Phone 3 berhasil menetapkan standar baru dalam smartphone gaming.

Poin-poin penting di atas akan saya uraikan di bagian ulasan spesifikasi ASUS ROG Phone 3 di bagian. Namun, sebelumnya, saya ingin mengajak untuk melihat fungsi gaming pada bagian simulasi dan gaming serta pendidikan khususnya tentang luar angkasa dan teknologi luar angkasa. Dan pertimbangan mengapa ASUS ROG Phone 3 bisa menjadi pilihan terbaik bagi kita. Dan bisa mendaulat kita menjadi the ultimate winner of universe 😀

Melalang Imaji dari Fiksi Ilmiah Jules Verne hingga ke Impian Elon Musk

Sewaktu kecil saya suka duduk di pelataran rumah kala malam hari bersama teman sepermainan dan tetangga. Dalam suasana guyup khas anak-anak jadoel dengan permainan tradisionalnya, memandang langit malam yang luas, bintang dan bulan. Dan muncul pertanyaan: Ada apa di atas sana? Bagaimana caranya menuju ke sana? Sedikit jawaban saya temukan dalam film fiksi di era generasi X tersebut, seperti film kartun Flash Gordon di TVRI 😀 .

Buku fiksi jules verne, national geographoc dan ASUS ROG Phone 2

Buku fiksi ilmiah, majalah National Geograhic tahun 1998 dan ASUS ROG Phone 2 .

Referensi saya mengenai luar angkasa semakin bertambah dan memperkaya imajinasi mengenainya. Buku-buku fiksi ilmiah mulai dari H G Wells pengarang The War of the Worlds (1898) difilmkan tahun 2005 dengan bintang utama Tom Cruise dan The First Men in the Moon (1901) dan Jules Verne pengarang Journey to The Center of The Earth (1864) difilmkan tahun 2008 dengan bintang utama Brendan Fraser adalah asupan bahwa pengembaraan manusia tidak bisa dibatasi hanya di Bumi.

Novel fiksi ilmiah menjadi bacaan yang mencerahkan, termasuk pula film fiksi ilmiah dan game pesawat ruang angkasa Space Wars di era prosesor 8 bit. Belakangan game Space War berkembang jauh. Game yang sederhana ini membahwa keasyikan sendiri. Coba bandingkan versi 2D game Space Wars beda jaman, versi di era prosesor 8 bit (sebelah kiri) dan sekarang ini 64 bit (sebelah kanan). Game-game terbaru membantu memberikan gambaran mengenai alam nyata.

versi 2D game Space Wars beda jaman, versi di era prosesor 8 bit dan sekarang ini 64 bit

Itu cerita beberapa belas tahun lalu, dimana pengalaman itu kurang memiliki kesan yang kuat karena saya sebatas pembaca buku, penikmat film dan pemain game yang menggunakan personal computer dengan prosesor dan GPU yang tidak sekuat sekarang ini.

Dalam beberapa bulan terakhir saya mengikuti perkembangan teknologi roket dan penjelajahan ruang angkasa yang dilakukan oleh SpaceX dimana Elon Musk sebagai CEOnya. Mendengarkan ceramah Elon Musk mengenai ambisinya menjadikan ruang angkasa sebagai dunia baru yang akan ditempati olen manusia menjadikan dunia atas langit sana adalah dunia yang dekat.

Terbayang bahwa sekarang ini, apa yang dulunya menjadi pertanyaan saya sewaktu kecil, terjawab sudah. Manusia sudah banyak tahu apa yang terjadi di langit dan bagaimana caranya menggapainya.

“Or another future where we are out many planets, maybe even going beyong the solar system”-Elon Musk

Dan yang mengejutkan apa yang dilakukan di atas mulai dari peluncuran roket dan pendaratan roket, perjalanan ke ruang angkasa, penambangan asteroid, pendaratan wahana ruang angkasa ke planet lain, bahkan pembangunan stasiun ruang angkasa, bisa dilakukan secara virtual melalui simulator dan gaming. Ya, gaming!. Namun, berbeda sama sekali dengan jenis game 2D yang pernah saya mainkan di atas.

Contohnya adalah seperti video singkat dari channel saya di bawah ini mengenai peluncuran dan pendaratan roket Falcon 9 milik SpaceX yang dilakukan secara vertikal dan simulasi penambangan asteroid oleh satelit OSIRIS-REx milik NASA.

Dunia Gaming yang Bergelora

Sekitar lebih dari 20 tahun lalu, para insinyur NASA mendaratkan wahana tanpa orang ke planet lain seperti Mars atau yang lebih jauh lagi ke Titan, sebuah satelit planet Saturnus (jaraknya 16 kali jarak Bumi ke Mars) menggunakan perangkat joystick, layaknya bermain game play station.

Proses sebuah wahana masuk ke sebuah planet, dimulai dari wahana lepas dari satelit induk, lalu masuk atmosfer, membalikkan posisi wahana untuk mengurangi panas akibat gesekan dengan atmosfer, membuka parasut, lalu mendarat dengan aman, menggerakan kamera dan mengontrol pergerakan rover menjelajah planet.

Di bawah ini adalah ilustrasi pendaratan Pathfinder 4 Juli 1997 di planet Mars bisa digambarkan di bawah ini.Ilustrasi diambil dari koleksi pribadi majalah National Geographic terbitan tahun 1998.

Ilustrasi pendaratan Wahana Pathfinder ke planet Mars

Setelah 20 tahun, Jet Propulsion Laboratory NASA membuat simulasi dengan teknologi komputasi terbaru yang hasilnya mendekati kondisi nyata. Liat yach video di bawah untuk tahu kondisi planet Mars 😀

Tidak sebatas sebagai penonton video,  NASA dan SpaceX menyediakan fasilitas simulator bagi masyarakat awam untuk merasakan sensasi secara aktif penerbangan ke luar angkasa, tinggal di stasiun ruang angkasa, bahkan mendaratkan wahana ke planet Mars.

Pertanyaan yang meski saya jawab adalah tidak semua orang memiliki akses ke NASA dan SpaceX, mungkinkah kita semua bisa menikmati penjelajahan alam raya dan mengimajinasikan tinggal di luar bumi menjadi masyarakat universe? Jawabnya sangat-sangat mungkin dan ini sudah terjadi.

Sekarang teknologi jauh berkembang. Perangkat pendukung gaming dan simulator tidaklah sekedar joystick saja yang dihubungkan dengan kabel untuk menggerakkan obyek. Perkembangan teknologi layar sentuh dan juga wireless, memungkinkan kita terhubung dengan banyak perangkat tanpa melalui kabel dan menggerakkan obyek dengan menyentuh layar saja.

Apalagi teknologi komputasi telah berkembang hingga masuk ke era Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. AI ini memungkinkan komputer melakukan tugas seperti manusia, belajar sendiri dengan menyesuaikan input yang masuk, memproses dan mengenali data dalam skala besar. Perkembangan AI menjadikan dunia gaming menjadi sangat interaktif (akan saya tuliskan pada bagian lain).

Kita hanya membutuhkan smartphone yang memenuhi kriteria gaming 3D (minimal prosesor 2 GHz, RAM 512 MB, video memori 64 MB bandingkan spesifikasi ini dengan yang dimiliki ASUS ROG Phone 3, saya tuliskan di bagian bawah. Jadi, sabar yach baca postingan ini 😀 ), prosesor yang sangat cepat, GPU yang ampuh, RAM yang gahar, layar yang mampu mencitrakan seperti alam nyata, media penyimpanan yang besar kemampuan alih data yang yahud, termasuk juga baterai yang tahan lama sehingga memudahkan untuk aktifitas mobile dan perangkat pendukung gaming lainnya sehingga gamer menyatu dengan smartphonenya. Bak, samurai dengan pedangnya, guys 😀

Perkembangan tersebut menjadikan dunia gaming bisa membantu menyimulasikan kondisi menyerupai alam nyata, membantu dunia pendidikan (jika pengen tahu artikel lengkapnya silahkan baca pada jurnal berikut ini, guys 🙂 The effect of games and simulations on higher education: a systematic literature review ) dan tentunya menjadi bisnis yang luar biasa besarnya.

Diperkirakan bisnis gaming mencapai US180 milyar US dollar pada tahun 2021 dengan mobile gaming yang paling cepat lajunya dengan pertumbuhan 26% pertahun. Grafik pertumbuhannya seperti di bawah ini.

Perkembangan bisnis di dunia gaming secara global

Dan kali ini saya perlu mengapresiasi Asus yang memiliki brand spirit “In Search of Incredible” telah memberikan visi yang kuat mengenai gaming dengan gadget yang dibuat khusus, baik laptop maupun smartphone di bawah bendera Republic of Gaming (ROG). Jadi, siapkan mental kita semua menjadi the ultimate winner of universe 😀

ASUS ROG Phone 3 Adalah Gadget  yang Kita Butuhkan

Sebagai smartphone yang diperuntukkan untuk gaming, untuk penggila game, untuk hardcore gamer, ASUS ROG Phone 3 memenuhi semua syarat sebagai smartphone yang memenuhi ekspektasi di atas yakni penjelajahan alam raya dan space gaming yang kondisi yang mendekati aslinya.

Ada beberapa alasan yang mendukung penilaian di atas. Karenanya, yuk, kita telusuri jeroan dari ASUS ROG Phone 3 ini.

Qualcomm Snapdragon 865 Plus: Prosessor Terkuat untuk Smartphone sekarang ini

Qualcomm meluncurkan prosesor terbarunya Snapdragon 865 Plus pada 8 Juli lalu. Prosesor ini clock speednya mencapai 3.1 GHz. Kemampuan Snapdragon 865 Plus meningkat 10% dibandingkan ‘adiknya’ Snapdragon 865, yang diluncurkan pada 5 Desember 2019, dengan clockspeed 2,84 Ghz. Otak dari ASUS ROG Phone 3 ini disebut-sebut memiliki clock speed tercepat di dunia untuk smartphone.

Keunggulan prosesor snapdragon 865 plus pada ROG Phone 3

Snapdragon 865 Plus 5G ini disematkan dalam System on a Chip (SoC) yang disebut-sebut paling powerful saat ini. SoC ini menjadi pusat pengendali dan mesin dari sebuah smartphone.

Banyak proses komputasi dilakukan di dalam soC seperti memroses sistem operasi android, memberikan respon ketika kita menyentuh dan menggeser layar, merespon ketika kita menekan power off button, merespon kamera, konektifivitas, flash storage, editing foto dan video, dan sebagainya. Pendek kata, jika kita ingin mengetahui kekuatan sebuah smartphone, tengoklah jeroan SoC ini, Selain ada prosesor, modems, pemroses image, pemroses sinyal dan tidak lupa kartu grafis.

Selain clockspeed prosesor naik 10% dari pendahulunya, kelebihan dari SoC dengan Snapdragon 865 Plus 5G di dalamnya sebagai berikut:

Pertama, adanya GPU Qualcomm AdrenoTM 650 yang menawarkan render grafis 10 persen lebih cepat dibandingkan Qualcomm 865.

Kedua, memiliki wi-fi mobile tercepat hingga 3,6 Gbps sehingga dapat memberikan performa sempurna untuk perangkat kelas premium dikarenakan adanya chipset Qualcomm FastConnectTM 6900.

Ketiga, adanya Snapdragon X55 5G Modem-RF System untuk dukungan jaringan 5G memberikan jaminan alih data melalui jaringan 5G akan sangat lancar dan Qualcomm Artificial Intelligence (AI) Engine generasi ke-5. Dengan AI Engine maka kualitas kamera, audio dan termasuk pengalaman gaming pada smartphone dapat ditingkatkan secara signifikan.

Keempat, memiliki platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming dengan kelebihan driver GPU dapat diperbarui, menghadirkan gameplay 5G hingga 144fps menampilkan true 10-bit HDR gaming sehingga gambarnya sangat detail dengan lebih dari satu milyar warna dan kualitas gaming setara desktop.

Hasil benchmark prosesor Snapdragon 865 plus 5G dibandingkan dengan Snapdragon 865 tidak berselisih banyak, namun Snapdragon 865 plus 5G ini menjadi pilihan favorit responden sebesar 78%.

Namun hasil benchmark dengan prosesor mobile lainnya (dengan patokan hasil benchmark snapdragon 865) menghasilkan selisih score yang tinggi (AI Mark, Jetstream 1.1 dan Antutu v8 Bencmark).

Selain keunggulan dalam sisi prosesornya, tidak bisa dilupakan bahwa pengalaman gaming imersif dari ASUS ROG Phone 3 didukung oleh konektivitas ultra-cepat 5G, memori LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256GB. Spesifikasi premium ini menjadikan ASUS ROG Phone 3 unggul dari semua smartphone yang ada di pasar saat ini.

Layar Amoled dengan Refresh Rate 144Hz, Ultra Responsif dan Memiliki Lebih dari Satu Milyar Warna

Layar smartphone gaming ASUS ROG Phone 3 ini memiliki keistimewaan yang menjanjikan kita mendapatkan pengalaman gaming yang imersif, mendekati pengalaman nyata. Layar amolednya berukuran 6,59 inci dengan aspek rasio 19,5:9. Layar ini memiliki resolusi Full HDR+ 1080×2340 piksel dengan warna lebih dari satu milyar warna. Foto yang ditampilkan akan sangat tajam.

Kualitas layar amoled ASUS ROG Phone 3

Layar ASUS ROG Phone 3 memiliki touch latency 25ms artinya waktu jeda respon layar hanya 25 mili detik. Angka ini hanya setengah dari touch latency dari ASUS ROG Phone 2 sebesar 49 ms. ASUS ROG Phone 3 lebih responsif 2x dari ROG Phone 2. Touch latency yang rendah menjadikan performa gamingnya optimal.

Keunggulan layar ROG Phone 3 dikombinasikan dengan touch sampling ratenya sebesar 270 Hz. Artinya, layar ini mamput merekam input sebanyak 270 ketukan perdetik dengan ketukan yang dikalibrasi secara khusus sehingga layar merespon sesuai dengan ketukan itu. Layar ASUS ROG Phone 3 menjadi ultra responsif.

Dikaitkan dengan video dan gaming, maka tontonan yang dilihat akan sangat smooth karena kecepatan refresh ratenya sebesar 144Hz. Refresh rate ini memberi arti kecepatan gambar yang di-refresh tiap detik. Makin tinggi nilainya, maka makin banyak frame atau gambar yang di-render per-detik sehingga tampilan video akan makin halus. Ilustrasi di bawah ini menjelaskan keunggulan layar 144Hz dibandingkan layar 60Hz.

Perbedaan layar 144Hz dengan layar 60Hz

Untuk response time layar ROG Phone 3 hanya 1ms.  Response time ini menyatakan waktu yang dibutuhkan monitor beralih dari satu warna ke warna lain. Dengan response time sebesar 1 mili detik makan konten yang ditampilkan oleh layar ROG Phone 3 menjadi lebih jelas, lebih hidup dan lebih nyaman di mata.

Layar ROG Phone 3 mampu menampilkan warna yang sangat akurat yakni warna yang dilayar dengan hasil printout tidak jauh berbeda/ yang diukur dari Delta E<1, yang dinilai sebagai Delta E terbaik di dunia. Semakin kecil Delta E maka semakin mendekati kemiripan hasil print out dengan yang di layar. Sebagai catatan bahwa ketajaman penglihatan manusia sudah tidak bisa membedakan layar yang memiliki Delta E<3. Content creator termasuk gamers sangat terbantu dengan kualitas layar yang memiliki Delta E kecil. Contohnya, gambar di bawah ini mengenai perbedaan layar dengan Delta E<1 dengan yang tidak.

Delta E pada layar Asus ROG Phone 3

Layar Asus ROG Phone 3 memiliki teknologi 10-bit display, yang merupakan teknologi terbaru mengenai tingkat kedalaman bit gambar. Sebelumnya, dan masih kebanyakan, layar smartphone menggunakan teknologi 8 bit, yang menampilkan kombinasi warna merah, hijau, dan biru (RGB) sebanyak 16 juta warna. Teknologi 10 bit mampu menampilkan kombinasi warna lebih dari 1 miliar. Untuk jelasnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

Perbedaan warna 10 bit dengan 8 bit

Layar smartphone dengan teknologi HDR akan memiliki gambar yang lebih realistis dengan jangkauan warna yang luas karena mampu meningkatkan highlightnya. Dengan teknologi HDR+ , prosesor videonya secara otomatis mendeteksi dan menyesuaikan tampilan setiap gambar, lalu meningkat kualitas gambar yang ditampilkan ke layar. Foto di bawah ini menjelaskan perbedaan HDR dengan yang tidak.

Perbedaan foto HDR

Layar ASUS ROG Phone 3 juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced yang artinya layar ROG Phone 3 ini dapat meminimalisir efek mata lelah.

Baterai Monster Berkapasitas 6.000 mAh

Yang tidak bisa dilupakan dari perangkat mobile seperti ASUS ROG Phone 3 adalah baterainya. Apalagi smartphone ini membutuhkan listrik yang besar dikarenakan penggunaannya untuk aktifitas berat yaitu gaming. Dengan baterai berkapasitas super besar yaitu 6.000 mAh bisa dipastikan bahwa  durasi bermain game bisa lama.

Baterai monster ASUS ROG Phone 3

Bahkan untuk bermain game berat seperti Asphalt 9, mampu bertahan 9.6 jam. Hasil ini tergolong sangat bagus, karena rata-rata smartphone bertahan tidak lebih dari 6 jam.

Ketahanan baterai monster Asus ROG Phone 3

Ketahanan baterai monster Asus ROG Phone 3 bisa memainkan game dengan durasi panjang di atas 9 jam. Sumber ilustrasi dari ASUS.

Kelebihan lain dari baterai ASUS ROG Phone 3 adalah adanya sistem pengaturan baterai sehingga setiap gamer bisa mengatur sendiri mode penggunaan baterai. Ada pula mode pengisian baterai dimana dengan fitur ini isi ulang baterai bisa dilakukan terus-menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai. Ada pula mekanisme hemat daya pasif dimana penghematan baterai hingga 67% bisa dilakukan dengan membatasi aplikasi yang tidak aktif.

Jadi secara keseluruhan, ASUS ROG Phone 3 ini mampu mengoptimalkan dirinya dengan melakukan efisiensi terbaik pada penggunaan apapun aplikasi termasuk gaming yang dilakukan.

Mode pengaturan baterai pada ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 Dibuat untuk Kamu, ya Kamu, Terlebih Hardcore Gamer

Tidak semua produsen smartphone mengkhususkan membuat gawai gaming secara utuh. Asus memilih jalan berbeda dengan membuat gawai yang khusus untuk gaming, mulai dari filosofi, visi, logo, desain, jeroan hardware, software pendukung hingga asosoris pendukungnya. Pendek kata, ASUS ROG Phone 3 dirancang untuk kamu, para gamer sejati.     

Contohnya adalah letak port charging yang ada di samping, bukan di bagian bawah smartphone. Dengan cara ini, saat kita memainkan game dalam mode landscape, saat sama kondisi stok daya listrik sudah tipis maka kita bisa menge-cas baterai. Biasanya dalam kondisi baterai hampir habis, pilihan yang kita buat mencolokkan charger yang mengurangi kenyamanan main game atau mematikan game lalu nge-cas baterai. Baterai akan terisi penuh dalam kurang dari 3 jam dalam kondisi kosong.

Posisi port charger ASUS ROG Phone 3

Mode landscape adalah mode favorit dalam gaming karena keleluasaan menggerakkan kedua tangan. ASUS ROG Phone 3 mampu mengoptimalisasi mode landscape ini dipadukan dengan modelnya yang ergonomis maka akan sangat nyaman digunakan.

USB-C yang berada di samping selain berfungsi sebagai konektor pengisian daya listrik sekaligus menghubungkan berbagai asesoris seperti AeroActive Cooler 3 berfungsi sebagai pendingin aktif dan konektifitas tambahan 3.5mm audio jack.

Bekerja sama dengan Dirac, teknologi audio pada ASUS ROG Phone 3 berkualitas tinggi, terbaik dan seimbang. Skor sebesar 75 yang merupakan angka yang tinggi didapat dari hasil uji DXOMARK Audio Review. Dengan kualitas audio seperti ini, kita akan mendapatkan pengalaman gaming yang mengesankan, apalagi ada fitur Game Mode yang dapat meningkatkan efek suara dan teknologi Qualcomm aptX Adaptive dimana saat kita menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth maka  suara yang dihasilkan akan minim latency.

Kualitas audio ASUS ROG Phone 3

Bagian depan ASUS ROG Phone ini terdapat dua speaker (Dual Front Speaker) yang lebih besar dengan magnet lebih banyak sehingga audionya lebih nyata atau imersif dan kuat. Dalam bermain game kita sangat diuntungkan dengan smartphone yang memiliki audio yang tajam seperti ini. Kita bisa mendengar setiap langkah gerak lawan.

Sebagai smartphone yang bisa mobile gaming terbaik, tentunya ASUS ROG Phone 3 dibekali perangkat yang mampu berfungsi dalam alih data super kencang baik Wifi 6 maupun 5G.  Dengan fitur ROG HyperFusion Technology, kita bisa menggabungkan  WiFi 6 dan 5 G tersebut melalui multi antena nya sehingga akan mendapatkan konektivitas terbaik saat nge-gam atau menikmati konten multimedia lainnya.

kualitas konektivitas ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 memiliki 4 mikrofon yang akan memberikan pengalaman berkomunikasi sangat maksimal. Suara yang masuk akan terdengar utuh.

Quad microphone ASUS ROG Phone 3

Yang perlu saya ulas secara khusus dari kelebihan ASUS ROG Phone 3 adalah disematkannya teknologi Air Trigger 3 melalui  sensor sentuh ultrasonik dan sensor gerak (motion sensor). Kedua jenis sensor ini menjadikan kita memiliki kontrol penuh terhadap game yang dimainkan.

Melalui kedua sensor ini, baik sentuh dan gerak, kita bisa memainkan game lebih intuitif dan nyata. Kita bisa menggerakkan smartphone ke depan dan ke belakang atau memiringkannya. Game penjelajahan antariksa maupun perang menggunakan pesawat terbang akan sangat terbantu dengan sensor gerak ini.

Sedangkan sensor sentuh yang menggunkan jari kita akan membuat kita seperti menggunakan konsol. Jari kita bisa mengetuk, mengetuk berulang-ulang, mengusap dengan cepat, menggeser layar untuk mendapatkan medan pemandangan yang luas, meletakkan jari saja tanpa mengaktifkan Air Trigger 3 dan memfungsikan layaknya tombol posisi 2 kanan dan 2 kiri. Semua jenis sensor ini kita fungsikan sesuai dengan jenis game yang dimainkan.

Berbagai fungsi Air Trigger 3

Sebagai smartphone untuk dibuat untuk gamer, fitur X Mode tidak bisa dilupakan. Fitur ini memiliki parameter baru dan bisa dikustomisasi sesuai dengan jenis game yang dimainkan sehingga gamer bisa mendapatkan performa terbaiknya dalam gaming. Melalui fitur X Mode maka sumber daya ASUS ROG Phone 3 bisa dikeluarkan secara total. Kita akan tahu kekuatan yang sebenarnya dari smartphone gaming terbaik ini. Beberapa hal yang bisa dilakukan melalui fitur X Mode adalah mengatur tampilan, pengaturan jaringan, dan pengaturan kontrol sentuh.

Fitur X Mode ASUS ROG Phone 3

Mengapa ASUS ROG Phone 3 Bisa Menghadirkan Pengalaman Gaming Paling Imersif?

Dengan berbagai keunggulan pada ASUS ROG Phone 3 di atas, rasanya tidak lengkap jika belum mengulas asesoris yang melengkapi smartphone gaming paling powerful ini. Asesoris ini akan menambah kenyamanan dan meningkatkan performa kita dalam gaming. Kita bisa menyatu dalam permainan yang seru, menegangkan bahkan pengalaman berada di alam menyerupai alam aslinya.   Emang sih tergantung jenis game yang kita mainkan, maka berbeda pula pengalaman yang di dapat secara utuh. Asesoris ini membantu menjadi gamer sejati, the ultimate winner of universe 😀

ROG Kunai 3 Gamepad

Air Trigger 3 dalam ASUS ROG Phone 3 meningkatkan pengalaman gaming lebih realistik dibandingkan sebelumnya.Pengalaman gaming akan meningkat jika ditambah pula dengan controller fisik seperti ROG Kunai Gamepad 3.

Dengan desain yang fleksibel dan kokoh, kita bisa memainkan game dengan kedua tangan secara nyaman dan kokoh dengan banyak mode bermain game seperti mode genggam, mode all-in-one, dan mode mobile. Apalagi ROG Kunai Gamepad 3 didukung oleh fitur key mapping melalui Game Genie.

TwinView Dock 3

Pengalaman gaming yang unik bisa kita dapatkan dengan menggunakan  TwinView Dock 3 yakni bermain game dengan menggunakan dua layar sekaligus. TwinView Dock 3 memiliki  layar dengan refresh rate 144Hz dan juga baterai berkapasitas 6.000mAh termasuk juga ada kipasnya.

AeroActive Cooler 3

Aksesoris yang keren ini berfungsi menurunkan suhu smartphone dan menurunkan kebisingannya. Dengan AeroActive Cooler 3, suhu permukaan bisa diturunkan hingga 4°C.

AeroActive Cooler 3 dilengkapi port USB Type-C yang berfungsi mengisi daya listrik  dan juga 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone. Kedua berada dibagian samping Aero Case sehingga mudah dihubungkan dengan perangkat lain.

ROG Clip

Aksesoris ASUS ROG Phone 3 yang menjadikan kita bisa memainkan game semudah bermain di konsol adalah ROG Clip. Caranya dengan menghubungkan ROG Clip dengan controller XBOX One, Google Stadia ataupun DualShock 4, lalu menempatkan ASUS ROG Phone 3 pada dudukannya.

Sistem Triple Kamera dari ASUS ROG Phone 3

Sebagai smartphone gaming ternyata ASUS ROG Phone 3 tidak melupakan komponen penting lainnya dari sebuah perangkat mobile yang menjadi kebutuhan penting baik sebagai content creator dan terlebih kebutuhan untuk berselfie ria. Apalagi kalau bukan kamera.

Yap, ASUS ROG Phone 3 ini memiliki tiga kamera  yang dirancang mampu menghasilkan foto berkualitas luar biasa dengan pemakaian melalui pengaturan apapun.

Kamera utamanya adalah produk flagship dari Sony yakni Sony® IMX686 64 MP yang memiliki Fitur kamera sudut lebar (wide angle). Kamera keduanya ultrawide angle 13 MP, dan kamera ketiga merupakan kamera makro. Di bagian depan terdapat kamera 24 MP yang bisa digunakan untuk video streaming dan selfie grup yang menghasilkan citra berkualitas tinggi.

Sistem triple kamera pada ROG Phone 3 ini ini didukung oleh perangkat lunak seperti Wind Filter, Free Zoom, fungsi Acoustic Focus dan Pro Video Mode yang membantu meningkatkan kualitas video yang kita buat.

Sistem triple kamera ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone memiliki 3 kamera di belakang dan 1 kamera di depan yang bisa menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi. Sumber ilustrasi dari ASUS.

Kemampuan Gaming ASUS ROG Phone 3

Prosesor snapdragon 865 plus memainkan peran sentral. Kemampuan prosesor ini terlihat dari hasil CPU throttling test. Hasilnya, throttling yang terdeteksi pada snapdragon 865 plus ini 0 %. CPU throttling test dimaksudkan untuk mengetahui perubahan clock prosesor dimana mesin prosesor akan melambat secara otomatis untuk menghemat baterai, meningkatkan efisiensi penggunaan listrik, dan mengurangi panas. Penurunan kerja prosesor meskipun sementara ini berakibat pada  secara keseluruhan gadget akan menurun performanya.

Pada test CPU Throttling, Snapdragon 865 plus seperti gambar di bawah, terlihat bahwa prosesor ini tidak mengalami penurunan performa dan tetap stabil.

Hasil tes CPU throttling menunjukkan kestabilan kerja prosesor snapdragon 865 plus

Hasil tes CPU throttling menunjukkan kestabilan kerja prosesor snapdragon 865 plus. Sumber ilustrasi dari ASUS.

Kemampuan gaming dari ASUS ROG Phone 3 ini bisa kita lihat dari tingkat frame per second (FPS)-nya. FPS ini menyatakan jumlah gambar yang ditampilkan layar dalam satu detik. Semakin banyak jumlah gambarnya, maka efek gambar bergerak atau video yang dimunculkan akan semakin smooth.

Film trilogi The Hobbit yang menjadi film dengan efek 3D memiliki FPS sebesar 48 FPS. Bandingkan dengan hasil FPS Stability Test untuk ASUS ROG Phone 3 dengan GPU Qualcomm® Adreno™ 650. Angka FPS Stabilitynya rata-rata mencapai 90 FPS. Bisa disimpulkan bahwa tampilan video dalam game di ASUS ROG Phone 3 akan sangat halus.

Sayangnya tidak semua smartphone selalu dalam performa stabil untuk menampilkan jumlah gambar per-detik. Naik turun seiring performa dari mesinnya. FPS Stability test mengukur sejauh mana sebuah smartphone bisa mempertahankan performa mesinnya menambilkan jumlah gambar perdetik. Dari hasil test diketahui ASUS ROG Phone 3 mencapai kestabilan 99% dengan jumlah FPS 90 dalam durasi panjang gaming.

FPS stability test pada ASUS ROG Phone 3

Kestabilan performansi tampilan video dari ASUS ROG Phone 3 mencapai 99%. Sumber ilustrasi dari ASUS.

Keunggulan Sistem Pendingin GameCool 3

Tidak bisa dihindari saat kita memainkan game, terlebih game yang berat dan seru habis, prosessor akan bekerja lebih cepat dan lebih keras. Komponen lainnya dalam smartphone demikian juga. Akibatnya sistem akan lebih panas. Jika gaming ini dilakukan dengan durasi yang lama, bisa kita bayangkan beratnya kerja prosessor.

Untungnya, ASUS ROG Phone 3 mempunyai sistem pendingin baru yang bisa membuat smartphone kita bekerja seharian tanpa penurunan performa. Sistem pendingin GameCool 3 ini dirancang dengan kemampuan lebih baik 14% dibandingkan sistem pendingin sebelumnya karena memiliki heatsink yang lebih besar 6x ditambah sistem pendingin ini memiliki 3D Vapor Chamber dengan desain baru. Heatsink ini dirancang khusus untuk menghantarkan panas dari komponen utama di internal smartphone dan membuangnya melalui ventilasi udara yang berada di bagian belakang ASUS ROG Phone 3.

Dengan sistem pembuangan sempurna ini ditambah dengan asesoris gaming khusus untuk pendinginan yakni AeroActive Cooler 3 maka sesi gaming berdurasi panjang dapat dilakukan tanpa ada thermal throtlling. ASUS ROG Phone bisa memainkan game berat dengan tetap berada pada performa terbaiknya.

Sistem-pendingin-gamecool_

Asus ROG Phone 3, Era Baru Gaming

Untuk menutup tulisan ini, hmmm...saya perlu mencari kata-kata yang tepat untuk menggambarkan impressi terhadap ASUS ROG Phone 3 yang dikatakan dalam peluncurannya telah membawa standar baru dalam dunia gaming.

Smartphone gaming ini melalui teknologi yang dibawanya, termasuk berbagai asesoris pelengkap gaming telah membawa gamer pada dunia yang mendekati nyata di dunia virtual. Perkembangan teknologi gaming ini tentu sangat membantu bukan sekedar gaming untuk hiburan, namun juga untuk pendidikan.

Seolah memegang smartphone ini maka harus menuntaskan misi-misi petualangan dan penjelajahan antariksa, penjelajahan dunia gaming. Dan seperti seorang samurai yang mengeluarkan pedang dari sarungnya maka hanya ada satu pilihan setelah pedang dicabut yakni menuntaskan misi. Menempuh jalan samurai menjadi the ultimate winner of universe.

Ekosistem Gaming ASUS ROG Phone 3

Mitra strategis dalam membangun ekosistem gaming sehingga para gamer mendapatkan pengalaman gaming yang lengkap dilakukan Republic of Gamer ASUS bekerja sama dengan Unity dan Stadia.

Ekosistem gaming ROG dengan Stadia dan Unity

Untuk Apa Tulisan Ini Dibuat?

Tulisan ini disertakan dalam Blogger Writing Competition: ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner yang diselenggarakan oleh Asus Indonesia. Gambar, harga dan spesifikasi mengambil rujukan dari situs resmi ASUS ROG Phone 3. Sumber foto yang berhubungan dengan spesifikasi dan perbandingan ASUS ROG Phone3 diambil dari file yang dibagikan panitia di google drive.

Prosesor Snapdragon 865 Plus 5G

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Asus ROG Phone 3?

Asus ROG Phone 3 bisa didapatkan dengan melakukan pembelian Erafone, Asus Exclusive Store dan ROG Store. Untuk pembelian online bisa dilakukan di E-Commerce seperti Eraspace, Tokopedia, Blibli, JD.ID, dan Shopee.

Market place tempat pembelian ROG Phone 3

Ada dua varian Asus ROG Phone 3 yaitu varian dengan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB dengan harga Rp9.999.000 (128/8) dan varian dengan penyimpanan 256GB dan RAM 12GB dengan harga Rp14.999.000 (256/12).

Apakah Ada Promo dalam Pembelian Asus ROG Phone 3?

Ada promo yang dalam paket pembelian Asus ROG Phone 3 tergantung syarat dan ketentuan* dari masing-masing toko di atas.

Promo di Erafone mencakup:

  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (selama persediaan ada)*
  • Harga khusus ROG Cetra *
  • Diskon harga mencapai 500 ribu rupiah dengan cicilan 0% selama 12 bulan jika menggunakan Kartu Kredit BCA, Citibank dan Bank Mandiri*
  • Trade-in Cashback mencapai Rp.300.000 untuk Pre Order ROG Phone 3*

Promo di Eraspace mencakup:

  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (selama persediaan terbatas)*
  • Harga khusus untuk ROG Cetra untuk setiap pembelian ROG Phone 3*

Promo di Tokopedia mencakup:

  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (selama persediaan ada)*
  • Pemberian cashback mencapai Rp400.000 jika kita menggunakan kartu kredit tertentu*
  • Cashback OVO Rp200.000*
  • Tersedia program trade-in*

Promo dari Blibli mencakup:

  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (selama persediaan ada) *
  • Cashback hingga Rp750.000 jika pembelian dengan kartu kredit tertentu*
  • Cashback mencapai Rp12.000.000 untuk program BliBli Postpaid (Pascabayar) *
  • Program trade-in melalui Blibli Tukar Tambah*

Promo di JD.ID mencakup:

  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (selama persediaan ada) *
  • Cashback mencapai Rp750.000 jika menggunakan kartu kredit tertentu*
  • Gratis perlindungan ekstra untuk jangka 1-2 tahun*
  • Tersedia program trade-in*

Promo di Shopee mencakup:

  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (selama persediaan ada *
  • Cashback mencapai Rp750.000 untuk pembelian menggunakan kartu kredit tertentu*

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Phone 3

Processor3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor
GPUQualcomm® Adreno™ 650
UIAndroid™ 10 with ROG UI
Display6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified; 270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency; 650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%; 1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio; Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass; TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort; Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)
Memory/StorageLPDDR5/UFS3.1 8GB/128GB 12GB/256GB
SD storageno SD-card reader; NTFS support for external HDD
SensorAccelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press
Main Rear Camera64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash
Second Rear Camera13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
Third Rear Camera5MP Macro, F2.0
Front Camera24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0, 27mm equivalent focal length in 35mm film camera
Video Recording8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera) 4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera) 1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps 3-axis electronic image stabilization for rear cameras Time Lapse (4K) Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps) Take still photo while recording video
SpeakerDual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound 7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio OutputHi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality GameFX audio system for improved in-game audio experience New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac
MicrophoneQuad microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Wireless TechnologyWLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6 2×2 MIMO, Bluetooth 5.1 Wi-Fi Direct support
NavigationGNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a), BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)
SIM CardsDual SIM dual standby Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card 5G+4G or 4G dual SIM dual standby support
Data rate  Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1) FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps 4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support
Bands  5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)
InterfaceSide-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge
NFCSupport (Card mode support in power off)
OSAndroid™ 10
Battery6.000mAh
ChargerOutput: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter
Dimensions171mm, 78mm, 9.85mm
Weight240 grams
PriceRp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage) Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)

2 thoughts on “Jalan Samurai Menjadi The Ultimate Winner of Universe Bersama Asus ROG Phone 3 Berprosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G”

  1. Kalau membaca spesifikasi ROG Phone 3, nyata banget kelabihannya. Pantas gawai baru ini disebut sebagai smartphone gaming paling gahar saat ini. Keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *